Apa Perbedaan Antara Hosting WordPress Dan Hosting Yang Biasanya Ditawarkan Jasa Pembuat Website ?

ipuipuweb.com jasa pembuatan website – Biasannya layanan pembuat website memberikan tawaran hosting wordpress dan hosing biasa. Mengingat daya tarik WordPress yang luar biasa dan berdasarkan fakta bahwa sebagian besar situs menggunakan platform ini, banyak server memutuskan untuk menawarkan opsi langsung dan personal: hosting WordPress. Pertanyaan terpenting bagi mereka yang menghadapi opsi ini saat menyewa paket hosting adalah: apakah ini solusi yang paling cocok untuk saya?. Sebelum menjawab pertanyaan ini, mari kita pahami lebih baik perbedaan utama antara hosting WordPress dan hosting biasa, yang juga dikenal sebagai shared hosting.

Ada 4 perbedaan utama yang patut Anda perhatikan saat membuat pilihan penting ini:

  1. Akses ke panel administratif
    Perbedaan besar pertama antara hosting WordPress dan alternatif bersama, lebih umum di pasar, mengacu pada akses ke panel administratif. Hosting bersama bekerja dengan teknologi CPanel dan memiliki antarmuka yang penuh dengan opsi dan jalur berbeda untuk diikuti.

Di sisi lain, mereka yang menyewa layanan WordPress eksklusif hanya memiliki antarmuka sederhana yang mereka miliki, dengan tindakan dasar pengelola konten .

Dalam versi yang disederhanakan ini, pengguna dapat membuat akun email, menambahkan domain, dan melakukan tindakan spesifik lainnya. Ini sangat langsung dan praktis!

  1. Penggunaan platform lain
    Sebuah host yang memberikan akses ke antarmuka cPanel, memiliki fleksibilitas yang jauh lebih besar untuk menguji berbagai sistem CMS atau bahkan hanya menginstal satu versi HTML (yang paling sederhana) dari sebuah situs web.

Dengan hosting WordPress, itu tidak terjadi. Paket yang dikontrak bersifat spesifik dan tidak ada yang perlu diuji atau dijelajahi. Semuanya bermuara untuk menjaga agar sistem WordPress tetap berjalan, tidak lebih.

Namun, shared hosting juga memberi Anda akses ke sistem WordPress, jadi memilihnya tidak berarti melepaskan CMS. Itu hanya membutuhkan sedikit lebih banyak keakraban antarmuka pada waktu instalasi.

  1. Sumber daya tambahan
    Hosting WordPress juga memiliki beberapa sumber daya tambahan, sesuatu yang diharapkan sebagai ganti fleksibilitas yang hilang dalam kaitannya dengan opsi konvensional.

Salah satu keuntungannya adalah ia menawarkan pencadangan otomatis situs web dan sistem, sesuatu yang sangat meningkatkan keamanan operasi. Selain itu, ia memiliki sumber daya untuk mencegah serangan peretas .

Manfaat lain adalah CDN (singkatan dalam bahasa Inggris yang berarti “Jaringan Distribusi Konten”), cara untuk mempercepat pemuatan halaman , ini penting untuk pengalaman pengguna dan bahkan, untuk penentuan posisi di Google!

  1. Harga
    Dengan manfaat tambahan yang baru saja kami sebutkan, tidak ada yang lebih alami daripada memiliki perbedaan harga di hosting WordPress, bukan?

Mengingat shared hosting adalah model yang paling banyak digunakan di dunia dan persaingannya sangat besar, wajar jika solusi ini lebih murah daripada hosting WordPress.

Tetapi bahkan jika harga merupakan faktor penentu dalam keputusan Anda, jangan langsung berasumsi bahwa hosting WordPress sebaiknya ditinggalkan. Pikirkan tentang status Anda sebagai pelanggan.

Apakah Anda memiliki pengetahuan yang diperlukan untuk menggunakan CPanel tanpa kesulitan? Jika tidak, berapa banyak yang akan Anda keluarkan untuk menyewa seorang profesional yang berdedikasi untuk memelihara sistem?

Semua biaya harus dipertimbangkan, serta waktu yang Anda perlukan untuk itu jika Anda memutuskan untuk merawat sistem sendiri.

Murah selalu mahal dan biaya-manfaat hosting WordPress sangat menarik dalam kasus ini.

Apakah hosting WordPress tepat untuk saya?
Sekarang setelah Anda mengetahui perbedaan antara hosting WordPress dan hosting bersama, akan lebih mudah untuk memutuskan: apakah ini benar-benar cocok untuk perusahaan saya atau apakah layak bertaruh pada opsi lain?

Jawaban atas pertanyaan itu adalah: tergantung. Tapi tenang, kami tidak akan meninggalkan Anda dengan keraguan! Pertimbangkan saja beberapa poin penting tentang kebutuhan dan karakteristik Anda dan itu akan sangat mudah untuk dipilih.

Hosting WordPress cocok untuk Anda dalam situasi berikut:

Anda tidak tahu cara memprogram: jika Anda tidak tahu apa-apa tentang pemrograman dan Anda tidak memiliki seseorang untuk menangani topik itu di perusahaan Anda, hosting WordPress lebih praktis;
jika Anda tahu sistemnya: yang penting Anda sudah tahu sistemnya atau setidaknya sudah mengerti cara kerjanya, agar tidak kecewa nantinya;
Jika Anda memiliki blog atau e-niaga: blog dan toko online memerlukan pembaruan terus-menerus, karena mereka menangani volume konten yang besar dan hanya sedikit sistem yang selengkap untuk mengelola semua itu seperti WordPress.
Hosting WordPress mungkin bukan pilihan terbaik jika kita mempertimbangkan poin-poin berikut:

fleksibilitas: jika Anda lebih menyukai fleksibilitas pengujian untuk membandingkan WordPress dengan sistem CMS lain atau mengakses antarmuka cPanel hosting, Anda sebaiknya memilih solusi umum;
pengetahuan tentang sistem: jika Anda tidak tahu cara kerja WordPress, lebih baik jangan berkomitmen pada hosting yang menawarkannya sebagai satu-satunya pilihan untuk mengelola konten Anda;
Situs web statis: Jika situs web Anda statis dan tidak memerlukan pembaruan atau konten berulang, WordPress tidak diperlukan dan mungkin lebih berguna untuk memilih hosting bersama.
Oleh karena itu, pilihan hosting WordPress tergantung pada profil Anda dan apa yang Anda cari di situs web Anda saat ini.

Kemudahan instalasi dan beberapa fitur tambahan berlaku jika Anda telah memutuskan di WordPress. Jika tidak, lebih baik menggunakan shared hosting, yang juga lebih fleksibel.

Leave a Comment